Uda Walawe Rumah Ribuan Gajah Alam Liar di Sri Lanka

ZonaAsia – Uda Walawe rumah ribuan gajah, tempat ini menjadi salah satu lokasi di Asia untuk melihat gajah. Berada di Sri Lanka, kawasan ini juga sebagai taman nasional. Jika di Indonesia, menyerupai Way Kambas yang berada di Lampung.

Selain kawanan gajah, kawasan Uda Walawe ini juga menjadi tempat bagi hewan lainnya. Seperti, kerbau liar, rusa sambar dan rusa tutul, serta tupai raksasa. Taman nasional di Sri Lanka ini adalah salah satu yang terbaik sebagai tujuan wisata di Sri Lanka.

Bahkan, untuk melihat gajah, Uda Walawe sering kali mendapatkan pemandangan yang lebih wah, dibandingkan taman nasional Afrika Timur yang paling terkenal.

Taman yang berpusat di Waduk Uda Walawe memiliki luas 308,2 km persegi. Tidak banyak ditumbuhi pepohonan, namun memiliki keindahan yang luar biasa, dan minimnya vegetasi yang lebat membuat pengamatan satwa liar menjadi mudah.

Gajah menjadi daya tarik utama Uda Walawe, dengan sekitar 600 ekor gajah yang berada di taman nasional ini dalam satu kawanan hingga 50 ekor.

Ada pagar pembatas gajah di sebagian besar taman nasional ini, yang bertujuan untuk mencegah gajah keluar ke daerah dengan populasi manusia yang lebih tinggi dan ternak masuk.

Uda Walawe rumah ribuan gajah

Gajah dapat bermigrasi masuk dan keluar dari taman di sepanjang perbatasan yang tidak dipagari.

Waktu terbaik untuk mengamati kawanan gajah adalah dari pukul 6.30 pagi hingga 10 pagi dan sekali lagi dari pukul 16.00 hingga 18.30 sore.

Selain kawanan gajahnya yang terkenal, taman ini juga menjadi rumah bagi luwak, serigala, biawak air, buaya, beruang kungkang, dan macan tutul.

Terdapat 30 jenis ular dan banyak sekali jenis burung. Ada 210 spesies pada hitungan terakhir, waktu migrasi dari utara bergabung dengan para penghuni antara bulan November dan April.

Safari di sekitar taman Uda Walawe rumah ribuan gajah

Uda Walawe rumah ribuan gajah

Pintu masuk ke taman ini, berjarak 12 km dari pertigaan jalan Ratnapura-Hambantota dan 21 km dari Embilipitiya. Pengunjung membeli tiket di sebuah bangunan yang berjarak 2 km dari sana.

Kebanyakan orang mengikuti tur yang diselenggarakan oleh penginapan atau hotel mereka, tetapi perjalanan dengan salah satu mobil 4WD yang menunggu di luar gerbang akan dikenakan biaya sekitar Rs 3500 untuk setengah hari untuk maksimal delapan orang. Tiket terakhir biasanya dijual pada pukul 17.00.

Pemandu taman sudah termasuk dalam biaya tiket masuk. Mereka, yang memiliki mata seperti elang, biasanya memiliki pengetahuan yang luas tentang taman dan satwa-satwanya. Namun, kecuali Anda secara khusus meminta sebaliknya, seluruh safari bisa jadi terburu-buru dari satu kawanan gajah ke kawanan gajah berikutnya, tanpa ada waktu untuk berhenti sejenak dan menikmati segerombolan hewan yang menarik yang tinggal di Uda Walawe.

Untuk mendapatkan yang terbaik dari safari ini, Anda dapat menjelaskan kepada pengemudi dan pemandu hal apa yang membuatmu menarik selain gajah.

Saat Anda berhenti dan melihat hewan, mintalah sopir untuk mematikan mesin agar dapat mendengar kicauan burung daripada deru mesin 4WD. Perlu diketahui juga bahwa, seperti di semua taman yang lebih populer di Sri Lanka, ada masalah serius dengan pengemudi yang berkerumun dan mengganggu hewan-hewan unggulan.

Ada beberapa aturan di Taman Nasional ini, tujuannya untuk kepentingan hewan dan kenyamanan wisatawan. Yakni, tidak boleh ada lebih dari lima kendaraan di satu tempat pada satu waktu.

Jika ada terlalu banyak kendaraan, mintalah pengemudi untuk mundur dan menunggu, atau lebih baik lagi, pergilah dan cari hal lain untuk dilihat. Di Uda Walawe, tak jarang pemandu dan pengemudi mengharapkan tip.

Akomodasi dan hotel terdekat
Ada banyak pilihan tempat menginap di pinggiran taman. Namun, tarifnya cukup tinggi. Bersiaplah untuk membayar lebih mahal dari pada di pesisir pantai atau di dataran tinggi di Sri Lanka.

Tur sehari di taman nasional ini ditawarkan dari Ella, Ratnapura, Tissa, dan banyak resor di pesisir selatan. Namun, mengikuti tur dari tempat-tempat ini berarti Anda akan mengunjungi taman pada siang hari yang terik ketika semua hewan sedang tidur siang.

Jauh lebih baik untuk menghabiskan setidaknya satu malam di sini, sehingga Anda dapat melakukan safari di pagi hari dan malam hari.

Pilihan akomodasi yang bagus di dekat Taman Nasional Uda Walawe antara lain Silent Bungalow, Superson Family Guest dan Elephant Safari Hotel.

spot_imgspot_img

Subscribe

Related articles

5 Rekomendasi Hotel Terbaik di Jogja, Menikmati Keindahan dan Kenyamanan

ZonaAsia - Rekomendasi hotel terbaik di Jogja berikut, menawarkan...

They.We, Kulit Cerah Berseri Cocok Untuk Anak Muda

ZonaAsia - Saat ini, remaja tidak perlu lagi merasa...

Rekomendasi Wisata Thailand untuk Solo Traveler

ZonaAsia - Ada beberapa rekomendasi wisata Thailand untuk Solo...

7 Rekomendasi HP Harga 3 Jutaan: Pilihan Tepat untuk Kebutuhan Anda

ZonaAsia - Rekomendasi handphone (HP) berkualitas di angka 3...

5 Kampus Terbaik di Asean Tahun 2024, Salah Satunya dari Indonesia

ZonaAsia - Terdapat beberapa Kampus Terbaik di Asean yang...
spot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here